Login

Register

Login

Register

September 15, 2017

Jepang : Negara dengan Segala Kenyamanan dan Kemudahan

Toilet dengan penghangat yang bisa menyemprotkan anti bakteri pada penggunanya, tempat duduk kereta yang bisa bergerak sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan sekehendak hati mereka, dan kombini di setiap sudut jalan. Selamat datang di Jepang, dimana kenyamanan dan kemudahan sudah tertanam di DNA negeri matahari terbit tersebut.

Pengunjung yang telah bersiap untuk datang ke Jepang dalam rangka Tokyo Olympics 2020 bisa mengharapkan serangkaian pelayanan yang unik dari gadget futuristic (yang kadang membingungkan) dan kemudahan yang membantu mereka melewati hari-harinya.

“Memperhatikan orang lain adalah akar dari kebudayaan Jepang,” kata Kazuhiro Watanabe, seorang analis tren pelanggan di Nikkei BP consulting group.

Bahkan N mempunyai istilah tersendiri untuk “focus pada kenyamanan” yaitu omotenashi. “Di sini, kami mengantisipasi keinginan pelanggan,” tekan Watanabe.

Tidak percaya?

Alarm telah dimatikan, dengan pandangan yang masih nanar, kau melangkah ke kamar mandi. Sangat dingin di luar sana, tapi jangan khawatir, dudukan toilet telah dihangatkan.

Dinikmati oleh selebriti asing, toilet multi fungsi di Jepang mempunyai fitur lain yang tidak mungkin dilewatkan seperti jenis semprotan yang cocok untuk dirimu, anti bau, hingga tombol “suara” untuk menutupi suara memalukan yang akan muncul saat berada di toilet.

Bagaimana jika saat sendirian dengan anak kecil dan terjadi “panggilan alam”? banyak toilet umum di Jepang (yang pastinya bersih) memiliki tempat duduk di dalamnya. Dudukkan anak di tempat duduknya, dan kalian bisa menunaikan kewajiban.

Kembali ke rumah. Bangun terlambat dan tidak ada waktu untuk membuat sarapan. Kalian tinggal melangkah ke kombini untuk membeli makanan. Kombini juga memberikan akses mudah untuk membayar rekening listrik  dan menyediakan kaus kaki bersih dan underwear. Atau bahkan mesin fotokopi.

Sambil berjalan ke stasiun, kalian bisa memperbaiki mood dengan secangkir kopi dari vending machine. Jepang memiliki lebih dari dua juta vending machine untuk minuman.

Ingin makan, dan tidak tahu seperti apa makanannya? Hal ini tidak akan kalian temukan di Jepang. Hampir semua tempat makan di Jepang memiliki model plastic yang sangat realistis yang akan menunjukkan seperti apa makanan yang akan dipesan. Atau bahkan kalian bisa memesan makanan dari vending machine.

Sebagian besar tempat makan akan memberikan alas untuk tas kalian sehingga tidak akan kotor meski diletakkan di lantai. Handuk hangat atau dingin (sesuai dengan musim) akan diberikan begitu kalian duduk. Dan jika kalian tidak segera mendapatkan minum, maka pasti ada yang salah.

“Orang Jepang sangat pragmatis. Kenyamanan dan kesederhanaan merupakan hal yang terpenting,” kata Muriel Jolivet, seorang sosiologis yang telah tinggal di Jepang selama empat dekade.

“Hal seperti ini akan selalu ada,” kata Watanabe. “Jepang sangat handal dalam membuat produk yang sudah ada menjadi lebih baik daripada membuat konsep baru terhadap suatu benda.”

Apakah hal ini menjadikan Jepang sebagai tempat yang sempurna untuk hidup? Mungkin tidak. Ada banyak sekali peraturan. Dan peraturan, dan peraturan.

Kalian ingin tinggal di Jepang juga?

 

Source : Japan Today

News, Wisata , , ,
About Ai Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *